KEGIATAN

MENGHAFAL AL-QUR’AN

Seluruh santri Monash Institute wajib menghafalkan al-Quran sebagai syarat untuk dapat bertempat tinggal, berkegiatan, dan memperoleh beasiswa pendidikan dari Monash Institute. Program menghafalkan ini bertempat di tiga tempat yang merupakan jaringan Monash Institute.

Adapun jenis program menghafal Monash Institute adalah program menghafal selama 10 bulan.

KAJIAN & DISKUSI

Kajian dan Diskusi merupakan kegiatan harian yang dilakukan secara berkelompok oleh santri Monash Institute sesuai dengan tingkatan masing-masing. Setiap sebulan sekali, diselenggarakan kajian dan diskusi yang diikuti oleh seluruh santri lintas angkatan dan menghadirkan tokoh-tokoh intelektual, akademikus, pengusaha, serta aktivis sosial yang telah banyak melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kajian dan Diskusi yang dilakukan oleh Monash Institute meliputi berbagai bidang, seperti jurnalistik, pendidikan, tafsir, hadits, serta kajian kontemporer menyangkut isu-isu terbaru.

LATIHAN BELA DIRI & ORASI

Menyadari bahwa menjadi pejuang umat dan bangsa membutuhkan mental dan keberanian, Monash Institute juga membekali para santrinya dengan latihan ilmu bela diri dan orasi.

Latihan bela diri dilakukan dalam rangka mempersiapkan para santri agar mampu menjadi pribadi yang siap dalam kondisi-kondisi berbahaya. Paling tidak, latihan bela diri menjadi bekal bagi para santri untuk melindungi diri sendiri.

Sementara itu, latihan orasi dilakukan dalam rangka memberikan bekal kepada santri untuk memiliki kemampuan yang baik dalam hal menyampaikan pendapat kepada penguasa melalui sarana demonstrasi di jalan.

LATIHAN BERTANI

Monash Institute menyediakan lahan pertanian di wilayah kabupaten Rembang yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar bagi para santri untuk menjadi petani yang baik.

Monash Institute menyadari bahwa pertanian adalah sektor penting dalam perekonomian negara dan jumlah petani semakin hari semakin berkurang karena jumlah anak muda yang enggan menjadi petani.

Untuk itulah Monash Institute mengajak seluruh santri agar memiliki kesadaran akan pentingnya melestarikan pertanian.

LATIHAN MENULIS

Kemampuan lain yang dikembangkan oleh Monash Institute adalah kemampuan menulis. Sebab dengan menulis, para santri dapat belajar memahami sebuah persoalan sekaligus belajar mencari solusi atas persoalan tersebut.

Saat ini setidaknya sebanyak 70 persen santri Monash Institute telah menghasilkan beragam tulisan yang telah dimuat di berbagai media massa.